Senin, 04 Juni 2012 - 15:24:46 WIB
Jagat Raya
Diposting oleh : Helmi Farid Fasya, S.Kom.
Kategori: Geografi - Dibaca: 6757 kali

Jagat Raya atau alam semesta (universe) adalah ruang dunia beserta segala isinya. Para Ahli Astronomi, yaitu orang yang ahli dalam ilmu perbintangan sering menyebut alam semesta sebagai kosmos. Sementara itu, ilmu yang mempelajari sejarah dan struktur alam semesta disebut kosmologi.

1. KELAHIRAN ALAM SEMESTA

Teori yang paling terkenal tentang kelahiran alam semesta adalah teori ledakan besar (Big Bang Theory) dan teori keadaan tetap (Steady State Theory). Kedua teori tersebut didasarkan atas hukum fisika dan teori pemuaian alam semesta yang dikemukakan oleh Edwin Hubble. Menurut Hubble, alam semesta memuai (mengembang) seperti gelembung gas panas yang secara tiba-tiba terlepas dalam ruang hampa.

a. Teori Ledakan Besar (Big Bang Theory)

Teori ledakan besar dikemukakan oleh George Gamov, seorang ahli Fisika kelahiran Rusia. Menurut Gamov, alam semesta lahir setelah adanya ledakan besar yang sangat dahsyat.
Teori Big Bang
Gamov mengemukakan bahwa seluruh materi dan tenaga yang terdapat di alam semesta pernah menyatu. Materi tersebut saling berdesakan dalam temperatur dan mempunyai massa jenis yang sangat tinggi hingga terpadatkan. Alam semesta berasal dari hasil ledakan dahsyat. Teori ini didukung oleh Stephen Hawking, seorang ahli teori Fisika.

b. Teori Keadaan Tetap (Steady State Theory)

Beberapa ahli yang mengemukakan teori ini antara lain Fred Hoyle, Herman Bondi dan Thomas Gold. Para ahli ini menyatakan bahwa alam semesta tidak berawal dan tidak berakhir, tetapi dalam keadaan tetap. Mereka beranggapan bahwa segala sesuatu yang terdapat di alam semesta ini tampaknya tetap. Mereka berpendapat bahwa alam semesta selalu memuai dengan laju yang tetap. Sementara itu materi baru secara terus-menerus tercipta sehingga dalam ruang tertentu selalu ditemu jumlah materi yang sama.

Steady State Theory
Alam semesta selalu dalam keadaan yang tetap karena secara terus menerus diimbangi dengan terciptanya materi baru. Materi baru tersebut kemudian memadat menjadi galaksi dan mengisi ruang-ruang yang kosong untuk mengganti materi yang berpindah akibat pemuaian.

2. ISI ALAM SEMESTA

Bumi hanyalah sebuah materi kecil di alam semesta yang disebut planet bergerak mengelilingi matahari, sedangkan matahari hanyalah sebuah bintang dalam gugusan berjuta-juta bintang yang disebut galaksi, yaitu Galaksi Bimasakti (Milky Way).

Sementara itu Galaksi Bimasakti pun ternyata hanya sebuah galaksi dari jutaan galaksi yang ada di alam semesta.

a. Bintang

Sejak dahulu keindahan langit pada malam hari telah membangkitkan keingintahuan manusia tetnag jagat raya. Langit pada malam hari di taburi oleh titik-titik cahaya yang berkelip yang disebut bintang.

Bintang merupakan benda langit yang terdiri atas gas pijar dan dapat memancarkan cahaya sendiri. Bintang terbentuk dari Gas Hidrogen dan debu angkasa yang membentuk kabut. Saat gas dan debu menyatu, gaya gravitasinya meningkat sehingga menarik gas dan debu menyatu, gaya gravitasinya meningkat sehingga menarik gas dan debu lebih banyak lagi dari kabut. Gas dan debu tersebut makin padat dan membentuk bola gas. Saat gravitasi bola meningkat, tekanannya pun meningkat sehingga menghasilkan suhu yang tinggi serta memancarkan panas dan cahaya.

Jika kita amati lebih seksama diantara bintang-bintang tersebut terdapat beberapa bintang yang lebih terang dari pada bintang-bintang yang lain dan membentuk pola tertentu. Pola-pola bintang itu disebut rasi bintang.

Ahli astronomi mengelompokkan rasi bintang menjadi 88 kelompok setiap rasi bintang diberi nama antara lain : Scorpius, Leo, dan Orion. Sampai sekarang rasi-rasi bintang itu masih berguna untuk menjelajah jagat raya.
Rasi Bintang

Bintang yang paling dekat dengan bumi adalah matahari, yaitu jaraknya sekitar 150 juta km. oleh karena itu, kita dapat melihat dengan jelas bentuk matahari tanpa menggunakan bantuan alat apapun. Selain itu pancaran cahaya yang dikeluarkan matahari ternyata bermanfaat bagi kehidupan di Bumi.

Matahari memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di bumi. Energi yang dipancarkan matahari, antara lain dapat membuat suhu bumi tetap hangat, membuat air dan udara di bumi bersirkulasi, serta tumbuhan dapat berfotosintesis.

b. Galaksi

Galaksi adalah kumpulan benda-benda angkasa yang terdiri dari bintang, gas, debu dan material antar planet lainnya yang jumlahnya banyak dan berada pada ruang yang luas. Matahari bersama dengan planet-planet yang mengitarinya merupakan bagian dari Galaksi Bimasakti.

Galaksi memiliki bentuk tertentu, tetapi secara garis besar bentuk galaksi dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu bentuk : Spiral, Elips dan Tak beraturan.

1). Galaksi Spiral

Galaksi Spiral
Bagian tengah dari galaksi ini memiliki lengan spiral dan cakram, jika dilihat dari samping, bentuk galaksi tampak seperti elips yang memiliki lengan dan dikelilingi atmosfer yang memancarkan cahaya. Galaksi Bimasakti termasuk ke dalam galaksi berbentuk Spiral.

2). Galaksi Elips

Galaksi M87

Galaksi ini mempinyai bentuk hampir menyerupai bola sampai pada bentuk yang sangat lonjong seperti bola rugby. Galaksi ini sedikit mengandung materi antar bintang dan anggotanya adalah bintang-bintang yang sudah tua. Contoh galaksi elips adalah Galaksi M87, yaitu sebuah galaksi besar.

3). Galaksi Tak beraturan

Galaksi ini terdiri dari bermiliar-miliar bintang berwarna putih kebiruan. Galaksi tak beraturan ini mengandung materi antar bintang berupa gas dan debu. Contoh Galaksi tak beraturan adalah awan Magellan, yang jaraknya 180.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti.

Galaksi Tak Beraturan

Diantara ribuan galaksi yang ada di jagat raya ini, yang menjadi pusat perhatian kita adalah Galaksi Bimasakti (Milky Way). Hal itu disebabkan dalam galaksi inilah tata surya kita berada. Galaksi Bimasakti merupakan tatanan bintang yang berbentuk piringan pipih dan beranggotakan +100 Miliar Bintang. Namun matahari sebagai pusat tata surya kita tidak terletak di pusat galaksi. Matahari berjarak 30.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bimasakti. Matahari dan bintang-bintang di sekitarnya mengelilingi pusat galaksi dangan kecepatan 262 Km/Jam dan memerlukan waktu 225 Juta tahun cahaya untuk sekali putaran.

Galaksi lain yang dekat dengan Galaksi Bimasakti adalah Galaksi Andromeda. Galaksi ini berjarak 2,2 Juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi Andromeda terdiri atas +100 miliar bintang dengan diameter 200.000 tahun cahaya, sedangkan massanya +300 miliar massa matahari.

Dengan demikian kita telah mengetahui bahwa tata surya kita merupakan bagian dari Galaksi bimasakti, sedangkan Galaksi Bimasakti merupakan salah satu galaksi yang ada di jagat raya.

JAGAT RAYA - GEOGRAFI (Kelas X)


Posting Terkait


45 Komentar :

obat herbal pelangsing
02 Juni 2014 - 09:41:08 WIB

info yang bermanfaat gan,,terima kasih banyak.. Tks. ^_* ^_- /0n4C1b
obat radang selaput otak
02 Juni 2014 - 11:06:44 WIB

waaaw mantaaap infonya,,terima kasih banyak gan.. Tks. ^_* ^_- /ZWn0Mk
obat tradisional stroke ringan
02 Juni 2014 - 15:06:31 WIB

permisi gan,,ijin berkunjung ke websute anda... Tks. ^_* ^_- /kGxgbd
Piala Dunia
10 Juni 2014 - 11:35:26 WIB

Indonesia Bisa Kuasai Dunia
lionair tiketmurah
22 Juni 2014 - 23:28:20 WIB

Wuaaa informasinya sangat aktual, terimakasih ya udah berbagi infonya Tks. ^_* bit.do/lionair
lionair tiketmurah
22 Juni 2014 - 23:28:28 WIB

Wuaaa informasinya sangat aktual, terimakasih ya udah berbagi infonya Tks. ^_* bit.do/lionair
pakaian
24 Juni 2014 - 17:38:04 WIB

thanks atas infonya pa admin,, semoga saja dengan adanya berita ini, kita semua dapat terbantu http:
pakaian
24 Juni 2014 - 17:38:09 WIB

thanks atas infonya pa admin,, semoga saja dengan adanya berita ini, kita semua dapat terbantu http:
asuransi syariah
29 Juni 2014 - 20:16:52 WIB

You are so interesting! I do not believe I've read through something like that before. So nice to
asuransi syariah
29 Juni 2014 - 20:17:14 WIB

You are so interesting! I do not believe I've read through something like that before. So nice to
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 5 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar :
 
 (Masukkan 6 kode diatas)